Posted on

Sejarah Jam Tangan Yang Harus Anda Ketahui

Sejarah Jam TanganHampir tidak ada orang di dunia ini yang tidak mengenal jam tangan. Aksesoris fungsional yang satu ini memang menjadi salah satu benda fashion yang tidak hanya trendi namun juga memiliki fungsi yang sangat berguna bagi pemakainya, apalagi jika bukan membantu menunjukkan waktu. Bahkan pada merek jenis tertentu, jam tangan tidak hanya bisa menunjukkan waktu namun juga bisa menunjukkan hari, tanggal, tahun, kedalaman air, tekanan air, dan bahkan siklus bulan. Meskipun banyak diantara kita yang gemar mengenakan jam tangan, namun tentu tidak semua mengetahui sejarah jam tangan yang sesungguhnya.

Pada awalnya, jam yang populer digunakan sebagai aksesoris adalah jenis jam saku. Hingga abad ke 19, orang – orang terutama kaum bangsawan dan mereka yang kaya gemar membawa jam saku sebagai aksesoris dan penunjuk waktu. Adalah Louis Carter seorang pembuat jam terkenal dari Perancis yang memiliki ide untuk menyatukan jam saku dengan gelang. Louis Carter lahir pada tahun 1875 dari keluarga pengrajin perhiasan dan jam. Karena sejak kecil kerap melihat ayahnya membuat jam, Louis kecil bercita – cita ingin menciptakan model jamnya sendiri. Ketika dewasa Louis mengambil alih perusahaan keluarganya yaitu Cartier SA dan membuat sebuah terobosan baru dengan menyatukan jam saku biasa dengan gelang. Dari sinilah sejarah jam tangan dimulai. Ide menyatukan jam saku dengan gelang ini muncul ketika sahabat Louis yang juga seorang penerbang, Alberto Santos Dumont memintanya untuk membuat sebuah desain jam yang praktis dan tidak mengganggu aktivitas si pemakai ketika terbang. Jam tangan saku memang merepotkan karena pengguna harus mengambil jam dari kantong hanya untuk melihat waktu. Dengan menggabungkan gelang dengan jam saku, maka orang hanya perlu menggeser pergelangan tangannya saja jika ingin melihat waktu. Meskipun ide awal jam tangan ini dibuat oleh perusahaan Cartier, namun model jam tangan pertama yang menyatukan gelang elastis dengan jam saku ukuran kecil dibuat pertama kali oleh perusahaan Patek Phillipe & Co. Perusahaan ini membuat model jam tangan modern untuk pertama kali pada tahun 1868. Setelah itu, Cartier baru mulai masuk ke industri jam tangan modern dan perusahaan Cartierlah yang berjasa mempopulerkan model jam tangan modern hingga menggeser model jam tangan saku.

Perusahaan Cartier banyak membuat perhiasan dan jam tangan mewah untuk keluarga kerajaan. Cartier banyak memasok jam tangan mewah dan eksklusif untuk keluarga kerajaan di beberapa negara seperti Inggris, Mesir, Romania, Belgia, Yunani, Siam, Rusia, Portugal, dan Spanyol. Dalam sejarah jam tangan Perkembangan teknologi jam semakin maju setelah digunakannya kristal Quartz pada alat penunjuk waktu di tahun 1929 dan ditemukannya jam tangan digital untuk pertama kali pada tahun 1950 oleh perusahaan The Hamilton Watch Co of Lancaster dari Amerika Serikat.


Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Penulis :
  • Marketing : Riri, Deri
  • Phone : 0341-488511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0822-6009-2010
  • PIN BBM : 755C9CED
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Tinggalkan komentar