Posted on

Penggunaan Jam Tangan di Kanan atau di Kiri?

Banyak perdebatan yang muncul seputar masalah posisi yang tepat dalam memakai jam tangan, di tangan kanan atau kiri?

jam-tangan-original

Aktivitas Tangan

Secara umum, aktivitas tangan kanan jauh lebih banyak ketimbang tangan kiri. Mulai dari mengambil sesuatu, membuka pintu hingga memukul sekalipun, tangan kananlah yang selalu maju. Oleh karena itu, orang memilih tangan kiri untuk dihiasi jam, yaitu untuk menghindari kerusakan akibat kebanyakan gerak si tangan kanan.

Di samping itu, secara histori, jam tangan awal yang bentuknya tidak seperti sekarang, memang lebih baik diletakkan di tangan yang aktivitasnya kurang, agar tangan yang aktivitasnya tinggi, leluasa bergerak tanpa beban. Apalagi jam tangan model dulu tidak sedikit yang berbodi besar.

Putaran Jarum Jam

Di sisi angka tiga pasti ada bagian untuk memutar jarum jam. Mengapa diletakkan di sebelah angka tiga? Karena memang arloji dan jam tangan di masa awal produksinya diciptakan untuk digunakan di tangan kiri, agar tangan kanan bisa dengan leluasa memutar bagian tersebut. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya jika digunakan di tangan kanan. Bahkan untuk memutar bagian itu, seseorang bisa saja harus melepasnya terlebih dahulu bukan?

Namun seiring jaman, banyak jam tangan yang sudah menggunakan sistem digital. Disamping itu banyak juga pabrikan jam tangan yang menciptakan jam tangan untuk pengguna kidal, dimana bagian pemutar jarum jam ada di sebelah angka sembilan.

Jadi sebenarnya tidak ada alasan baku apakah harus digunakan di tangan kanan atau kiri. Semua hanya berdasarkan history dan perilaku kebiasaan manusia.


Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Penulis :
  • Marketing : Riri, Deri
  • Phone : 0341-488511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0822-6009-2010
  • PIN BBM : 755C9CED
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Tinggalkan komentar