Posted on

Merk Jam Tangan Yang Bernaung Dibawah Seiko

Berbagai merk jam tangan ini seolah-olah berdiri sendiri, namun pada hakikatnya adalah merk yang dimiliki Seiko, tetapi di dialnya jarang atau bahkan tidak menampilkan tulisan "Seiko". Merk-merk ini bukan termasuk sub-merk Seiko seperti Ananta, Coutura, Criteria, Galante, Premier, Prospex, Lord Marvel, Bell-matic, S-Wave, dan lain-lain.

spd_20130116163702_b

ALBA Diperkenalkan sejak 1979, ditujukan bagi kalangan muda, tepatnya untuk target pasar low-end. Untuk merk ini menggunakan mesin Quartz. Alba meluncurkan beberapa sub-merk yang seringkali tidak mencantumkan nama Alba di dialnya. Misalnya Aka, Aruba Ingenu, Orvitax, Picco, Roox, Totoro.

CREDOR Merk high end yang berasal dari sub-merk Seiko Credor. Melalui merk inilah Seiko mengeluarkan jam termahalnya, dengan varian paling mahal Credor JURI GBBX998 berharga USD 554.000 setara Rp 5 Milyar.

GRAND SEIKO, KING SEIKO Seperti Credor, sub-merk Grand Seiko (GS) yg diperkenalkan sejak 1960 dan King Seiko (KS) adalah produk high end. Agak dilema untuk menganggap GS dan KS sebagai merk yang "lepas" dari Seiko, karena kenyataannya Seiko sepertinya memperlakukan GS dan KS sebagai sub-merk, namun dengan spesifikasi high end.

JEMIS Merk dengan mesin Quartz ini sempat beredar di Indonesia pada periode sekitar 1996 - 2003.

J.SPRINGS Merk yang masih relatif baru di dunia horology (sejak 2001), dan dikategorikan sebagai merk entry level yang stylish. J.Spring diartikan sebagai "Japan Spring" mengisyaratkan bahwa merk ini fokus ke jam mekanikal.

LASSALE Merk ini berasal dari Swiss, dengan spesialisasi produk jam mekanis super tipis bermerk Jean Lassale. Namun pada tahun 1980 Seiko mengakuisinya dan menjadikannya unit merk dari Seiko dan menanamkan quartz high end dengan tetap mempertahankan konsep casing berukuran super tipis.

LORUS Diperkenalkan sejak 1982, dan merupakan merk low-end menggunakan mesin quartz.

LUCENT Merk yg sudah discontinued ini diperkirakan dibuat Seiko untuk pasar Asia Timur untuk jangka waktu tertentu, dan tidak termasuk merk yg populer.

PULSAR Merupakan merk yang sebelumnya dimiliki Hamilton Watch Company dengan spesialisasi sebagai jam quartz digital. Tahun 1978 Seiko mengakuisisi merk ini, dan mempertahankannya sebagai quartz low-end, namun desainnya kebanyakan menjadi analog.

WIRED Merupakan merk yg dikeluarkan dengan bekerjasama dengan desainer independen. Fokusnya adalah jam quartz dengan beberapa varian solar quartz. Crooks & Castles - merk fashion dari Amerika, pernah mendesain jam Wired digital solar, dengan fitur radio wave control untuk sinkronisasi dgn jam atom yang tersedia di beberapa negara tertentu.

ORIENT Secara historis sebenarnya merk Orient justru adalah saingan Seiko. Memang sejak tahun 1985 Orient dan Seiko beraliensi strategis, hingga akhirnya pada tahun 2009 perkembangan pasar mengakibatkan Orient sepenuhnya menjadi milik Seiko. Namun Seiko tidak banyak mencampuri teknis produk dibawah merk Orient, kecuali menambah line-up jam quartz yang selama ini tidak menjadi prioritas Orient.

YEMA (1988-2005) Merk dari Prancis ini sempat bernaung di bawah Seiko sejak 1988, namun sejak 2005 kembali berpindah kepemilikannya ke Prancis. Bagi sebagian kalangan, mungkin bisa menjadi sedikit perdebatan apakah Yema identik Seiko atau bukan.


Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Penulis :
  • Marketing : Riri, Deri
  • Phone : 0341-488511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0822-6009-2010
  • PIN BBM : 755C9CED
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

Tinggalkan komentar