Posted on

Jam Tangan Anti Air

g-100bb-1a_l

Era teknologi yang semakin berkembang pesat membuat kita lebih mudah untuk mengecek segala sesuatu lewat smartphone. Gadget ini memang serba multitasking untuk chat, telpon, browsing, dan juga menjadi alat penunjuk waktu. Meskipun smartphone selalu ada di dalam genggaman anda namun alat ini juga punya keterbatasan pada dayanya yang tak akan selalu bisa anda andalkan. Terlebih anda andalkan untuk jadi alat penunjuk waktu! Nah ini berarti anda harus kembali kepada alat yang lebih 'tradisional' dengan mengenakan sebuah jam tangan di pergelangan.

Jam tangan jelas lebih tahan lama untuk anda kenakan sebagai timepiece dibandingkan gadget canggih seperti smartwatch sekalipun. Tak sekedar karena daya tahan baterainya tapi ada juga jam tangan anti air yang mana fitur water resistant ini tak dimiliki oleh gadget canggih. Lalu bukankah lebih menyenangkan mengenakan jam tangan agar anda bisa membaca waktu kapanpun dan dimanapun serta dalam situasi apapun?

Bagi anda yang hendak mencari jam tangan water resistant asli atau original yang terjamin anti air, kami memiliki beberapa rekomendasi produk pilihan untuk anda. Simak rekomendasi kami berikut ini.

Waterproof VS Water Resistant

Jika anda ingin mencari jam tangan yang waterproof alias kedap air, kami jamin anda tak akan mendapatkannya. Namun jika anda mencari jam tangan yang water resistant kami sangat bisa merekomendasikan jam tangan mana yang terbaik sesuai spesifikasinya.

Faktanya, tak mungkin ada jam tangan waterproof. Akan selalu ada keterbatasan bagi jam tangan untuk mengatasi tekanan air yang diterima. Istilah waterproof merujuk pada sebuah pengertian dimana sebuah jam tangan tak bisa mengalami kebocoran saat terkena bahkan terendam air. Jadi meski bagaimanapun jam tangan tak akan mungkin kedap air. Industri jam tangan sendiri lebih mengacu pada kemampuan jam tangan untuk menghadapi tekanan air.

jam-tangan-anti-air-seiko-arlojinesia

Nah, jika jam tangan memiliki stempel "water resistant" ini berarti bahwa produk tersebut terlindungi dari air (kelembaban). Jam tangan tersebut dapat bertahan dari percikan air karena anda mencuci tangan ataupun kehujanan. Namun memiliki stempel water resistant tak berarti anda bisa mengenakannya seenak hati untuk berenang dan mandi dengan mengenakan jam di tangan.

Air memang musuh besar bagi jam tangan. Jika anda pergi berenang atau olahraga lainnya, anda harus memastikan untuk cek akurasi jam tangan terkait dengan level water resistant-nya di setiap tahun.

Sejarah munculnya jam tangan water resistant

Pencetus awal terciptanya jam tangan water resistant adalah Hans Wilsdorf. Pendiri Rolex ini memperkenalkan pertama kali jam tangan yang benar-benar tahan terhadap air pada tahun 1927 melalui seri Rolex Oyster.

Sebelumnya seorang pembuat jam tangan dari Swiss bernama Francois Borgel mematenkan sebuah sistem yang menjadi dasar penciptaan Rolex Oyster. Paten ini dilakukannya pada tahun 1891. Desain sistem yang diciptakan Francois Borgel ini secara signifikan dapat mengurangi debu dan air masuk ke dalam case dan merupakan sebuah loncatan dalam industri jam tangan kala itu.

Kemudian di awal tahun 1920-an, banyak perusahaan berusaha menggunakan desain sistem yang dibuat oleh Francois Borgel. Namun dalam hal benar-benar tahan air, desainnya masih ditemukan kecacatan seperti skrup yang kurang kuat, bagian mahkota mudah terbuka, dan segelnya tak cukup kuat. Sampai dengan tahun 1925, ketika dua orang pembuat jam tangan dari Swiss bernama Paul Perregaux dan Georges Peret mematenkan sistem yang lebih baik.

mercedes-gleitze-rolex-oyster

Hans Wilsdorf melihat bahwa inovasi-inovasi ini adalah solusi untuk membuat jam tangan yang benar-benar tahan air. Kemudian ia bernegosiasi dengan Paul Perregaux dan Georges Peret terkait harga paten mereka di tahun 1926. Ia juga mengkombinasikannya dengan desain dari Francois Borgel. Hasilnya adalah Rolex Oyster. Namanya terinspirasi dari tiram yang tak rusak meskipun selalu di dalam air. Konsep ini merupakan awal mula dari perkembangan jam tangan tahan air dewasa ini.

Desain jam tangan Rolex Oyster menjadi sukses besar dengan kecerdasan marketing dari perusahaan Hans Wilsdorf ini. Selama musim panas 1927 seorang wanita asal Inggris bernama Mercedes Gleitze berenang melewati Terusan Inggris (English Channel) dengan mengenakan Rolex Oyster di pergelangannya. Jam tangan tersebut pun mampu bertahan selama perjalanan, tetap kedap air, dan masih berjalan normal selama 15 jam perjalanan renang ke Calais, Perancis. Kemudian Hans Wilsdorf membeli semua halaman muka dari media kenamaan Inggris, Daily Mail, untuk mengumumkan pencapaian ini. Berkat publikasi ini Rolex menjadi sebuah merek global.

Pada tahun 1930-an, perusahaan lain menciba untuk membuat terobosan serupa. Mereka memasukkan jam tangan yang didesain oleh Cartier untuh Pasha of Marrakesh dengan desain khusus mahkota screw-down (yang kemudian menjadi inspirasi jam tangan Pasha Collection dewasa ini, sebagaimana Omega Marine, yang juga memiliki case di dalam case. Perusahaan-perusahaan pun kemudian mulai memperkenalkan paking sebagai suatu bagian sistem untuk meingkatkan ketahanan terhadap aur untuk harga yang lumayan. Pada awal 1940-an, misalnya jam tangan merek Fortis memasarkan jam tangan otomatis yang tahan air dengan nama Fortissimo.

sejarah-jam-tangan-diving

Tapi dalam keseluruhan bagian, jam tangan anti air masih dianggap sebagai kebutuhan orang dengan jenis pekerjaan tertentu (spesialis). Selama Perang Dunia II, beberapa jam tangan dengan level anti air yang cukup tinggi, diver watch, diperkenalkan untuk para pasukan frogmen. Jam tangan ini biasanya digunakan dengan tujuan untuk memudahkan penggunanya dalam membaca waktu di kedalaman lautan. Perusahaan jam tangan Italia, Panerai, misalnya menyediakan jam tangan untuk pasukan frogmen angkatan laut dengan jam tangan diving berukuran lebar dan kompas bawah air. Panerai kemudian mematenkan case-nya yang ikonik itu dan masih digunakan hingga saat ini.

Perkembangan jam tangan diving dewasa ini menjadi titik balik Rolex yang memperkenalkan seri Submariner di tahun 1953. Awal mula jam tangan Submariner Rolex ini dibuat sebagai jam tangan anti air hingga kedalaman 100 meter dan desainnya pun menjadi sebuah kesuksesan yang cukup singkat. Itu bukanlah jam tangan diving yang didesain untuk kebutuhan sehari-haru, namun menjadi jam tangan paling sukses secara komersial. Keberhasilan ini juga akhirnya menjadi sebuah perkenalan unidirectional bezel yang menjadi alat ukur untuk menghitung lama waktu di dalam air. Desain ini pun menjadi tonggak pembuatan jam tangan diving hingga sekarang.

Jam anti anti air dewasa ini

frogman-g-shock-arlojinesia-anti-air

Dewasa ini, jam tangan water resistant cukup memadai, setelah semuanya rata-rata jam tangan quartz dibuat untuk mampu mengatasi segala kemungkinan terkena air. Misalnya hujan, terjatuh dalam kolam atau gubangan dan sebagainya. Tak hanya quartz, jam tangan mekanik juga memiliki case tahan air. Sekarang ada banyak sekali jam tangan sport yang memiliki opsi tingkat water resistant untuk kedalaman tertentu.

Sebagai tambahan, sebagai pengembangan akan apa yang sudah ada untuk menciptakan alat yang lebih baik daripada sebelumnya, pada akhirnya mendorong untuk terciptanya jam tangan super tangguh. Misalnya adalah keberhasilan Submariner yang pada akhirnya membuat banyak inovasi untuk meningkatkan kemampuan jam tangan sebagai alat bantu selam hingga ratusan bahkan ribuan meter dari permukaan air laut.

Jam tangan anti air pun muncul dengan berbagai tampilan mulai dari analog hingga digital. Mulai dari jam tangan resmi, casual, hingga sport. Sesuai dengan kebutuhan fashion dan lifestyle masyarakat.

Klasifikasi tingkat water resistant pada jam tangan

Sebuah jam tangan water resistant dapat ditandai dengan keterangan di box dan balik case jam tangan. Sebelum memutuskan untuk membelu jam tangan anti air mana yang hendak anda beli, layaknya anda harus mengenali klasifikasi tingkat water resistant pada jam tangan. Fungsinya supaya anda mengetahui pasti peruntukan jam tangan anda dan kemungkinannya saat anda kenakan untuk beraktivitas.

diving-arlojinesia

Dari jam anti air yang sebenarnya terbagi atas beberapa kategori sebagai berikut:

Non Water Resistant

Sesuai dengan namanya, jam tangan ini sama sekali tidak tahan air sehingga anda yang mengenakannya sebisa mungkin harus menghindari kemungkinan terkena air karena jika sudah masuk ke dalam mesin maka akan merusak mesin jam tangan. Biasanya di dalam jam tangan maupun buku manual tak ada keterangan spesifikasi yang menunjukkan jam apakah jam tangan ini water resistant (no declaration).

Water Resistant

bouvet-island

Model ini hanya tahan pada cipratan air ringan. Biasanya tak dituliskan secara spesifik kedalaman water resistant. Jadi dalam menggunakan ini anda harus menghindari cipratan air yang terlalu banyak yang akan berdampak pada kerusakan mesin.

Water Resistant 30 Meter (3 ATM/100 Feet)

Jam tangan jenis ini tahan untuk anda kenakan berenang di kolam atau digunakan saat mandi. Jam tangan ini juga tahan terhadap uap air, tetes air hujan dan keringat. Jam tangan ini mampu bertahan dalam tekanan air sebesar 3 ATM (30 M), dan mampu bertahan selama 30 menit dibawah air pada kedalaman 1 m dengan batas waktu 90 detik dibawah tekanan pada kedalaman 30 meter.

Water Resistant 50 Meter (5 ATM/160 Feet) Jam tangan jenis ini memiliki ketahan yang sama dengan Water Resistant 30M. perbedaaanya, jam tangan ini lebih tahan terhadap air dengan ketahanan hingga 5 ATM (50 meter).

Water Resistant 100 Meter (10 ATM/300 Feet)

Jam tangan tahan air untuk snorkeling, berselancar, dan olahraga air lainnya hingga tekanan 10 ATM (100 meter).

Water Resistant 200 Meter dan Diver Watch 200 Meter (20 ATM/660 Feet)

Jam tangan mulai klasifikasi 200 meter biasanya bisa bertipe water resistant saja atau diver watch 200 meter. Jam tangan diving dibuat dengan kemampuan khusus agar mampu digunakan untuk menghadapi tekanan air dengan kedalaman 200 meter. Diver watch sendiri bisa dikatakan sebagai jam tangan diving jika melengkapi standar ISO 6425.

jam-tangan-anti-air-arlojinesia

Menurut ISO 6425, sebuah jam tangan untuk diving diuji paling tidak harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Memiliki sebuah bezel dengan kemampuan berputar searah sebagai penanda waktu setiap lima menit sekali dan sebuah penanda untuk memberi tanda untuk menit-menit tertentu
  2. Penanda menit pada tampilan jam tangan mudah dibedakan dan dikenali
  3. Kemampuan daya pandang sepanjang 25 cm (9,8 inchi) pada keadaan sangat gelap
  4. Adanya indikasi bahwa jam tangan dapat berfungsi pada keadaan sangat gelap. Biasanya diindikasikan dengan keterangan adanya lume
  5. Magnetic resistant. Diuji dengan eksposisi searah medan magnetik sebesar 4.800 A/m. Jam tangan tersebut harus tetap akurat hingga +/- 30 detik.
  6. Shock resistance. Dilakukan pengujian dengan dua guncangan ( satunya pada sisi jam 9, satunya pada kristal, dan tegak lurus pada muka case jam tangan. Guncangan ini biasanya dilakukan dengan palu seberat 3 kg dengan kecepatan 4,43 m/s. Tingkat perubahan yang diperkenankan adalah +/- 60 detik/hari.
  7. Chemical resistance. Diuji dengan cara dicelupkan ke dalam larutan garam (NaCl) dengan kadar 30g/l selama 24 jam apakah tahan karat. Larutan untuk menguji jam ini memiliki salinitas dibandingkan dengan air laut normal.
  8. Tali atau kepadatan band. Diuji dengan pengaruh gaya sebesar 200 N dengan berbagai arah dengan tanpa menimbulkan kerusakan pada jam tangan.
  9. Adanya indikator End Of Life (EOL) pada baterai.

Untuk jam tangan water resistant 200 meter dapat anda kenakan untuk kegiatan snorkeling, free dive, dan kegiatan olahraga air ekstrim. Jam tangan dengan keterangan diver watch dapat anda kenakan untuk scuba diving ataupun free dive dan teruji tahan air hingga tekanan 20 ATM (200 meter).

Diver Watch 300 Meter (30 ATM/1000 Feet)

Jam tangan jenis ini cocok digunakan untuk scuba diving sampai kedalaman 30 meter, selama 2 jam. Jam ini teruji tahan hingga tekanan 30 ATM di kedalaman 300 meter.

Diver Watch 500 Meter ( 50 ATM/ 1650 Feet)

Jam tangan ini mampu digunakan untuk scuba diving hingga kedalaman 50 meter, selama 2 jam. Jam tangan ini telah diuji untuk tahan air sampai dengan tekanan 50 ATM yang sesuai dengan 500 meter. Jam tangan diving dengan spesifikasi ini cocok untuk kegiatan eksplorasi laut secara profesional.

Merawat jam tangan tangan tahan air

Jam tangan anda memang anti air, namun anda juga harus selalu mengeceknya setiap setahun sekali. Hal ini juga bergantung dengan gaya hidup anda juga sih. Misalnya jika anda senang berselancar secara rutin, tentu jam tangan anda akan terkena air asin dan pasir. Nah, air garam ini berpotensi korosi dan dapat merusak jam tangan anda. Ini juga berlaku jika anda senang berenang dengan jam tangan anda di air yang berkaporit.

Kami juga menyarankan agar ketika anda memiliki jam tangan anti air tidak anda kenakan untuk mandi maupun keramas. Bukan karena airnya yang akan merusak jam tangan anda, namun bahan kimia dari sabun maupun sampo anda bisa menimbulkan korosi pada jam anda. Jika jam tangan anda tak sengaja terkena sabun segeralah cuci dengan air bersih dan keringkan sesegera mungkin.

Alasan-alasan mengapa anda harus membeli jam tangan anti air di Arlojinesia

jet-ski-pasangan-olahraga-arlojinesia

Memilih jam tangan anti air terbaik memang harus dipikirkan dengan tepat. Tentu anda ingin jam tangan anti air yang anda kenakan tanpa halangan saat anda kenakan untuk memudahkan aktivitas anda bukan? Apalagi sebuah jam tangan yang anda beli merupakan investasi berharga anda di masa depan. Anda tak perlu khawatir karena Arlojinesia senantiasa memberikan fasilitas dan jaminan menarik khusus bagi anda seperti:

  1. Jaminan originalitas. Kami menjamin produk yang kami jual 100% adalah produk original bukan KW seperti yang marak di pasaran. Anda dapat membuktikannya sendiri dengan kelengkapan pengiriman yang ada di box jam tangan.
  2. Garansi Resmi. Sebagai komitmen originalitas produk, tentu saja ada garansi resmi dari pabrik selama 1 tahun. Jika jam tangan yang anda beli mengalami kerusakan atau masalah lainnya selama kurun waktu tersebut, anda dapat mengunjungi service center resmi di seluruh Indonesia secara gratis.
  3. Garansi replace. Kami tak hanya menjamin originalitas dan garansi tapi juga berkomitmen mengganti barang yang anda beli jika mengalami kerusakan. Klaim ini berlaku selama tiga hari sejak barang anda terima dengan ketentuan barang salah kirim atau tidak sesuai dengan yang anda beli, dan juga barang mengalami cacat bawaan dari toko.
  4. Kami melengkapi pengiriman dengan asuransi. Namun tetap saja, barang yang kami kirim kami kemas sedemikian rupa dengan bubble wrap untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman.

Nah sekarang setelah anda mengetahui ketahanan jam tangan di Arlojinesia, sudahkah anda memutuskan ingin mengkoleksi jam tangan anti air yang mana? Jika anda masih bingung, customer service kami siap memberikan konsultasi. Jadi ayo segera hubungi kami sekarang juga!


Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Penulis :
  • Marketing : Riri, Deri
  • Phone : 0341-488511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0822-6009-2010
  • PIN BBM : 755C9CED
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim

2 thoughts on “Jam Tangan Anti Air

  1. […] terhada air. Banyak percobaan yang dilakukan oleh beberapa watchmaker di Eropa untuk mendapatkan jam tangan water resistant. Pencetus awal terciptanya jam tangan water resistant adalah Hans Wilsdorf. Pendiri Rolex ini […]

Tinggalkan komentar