Casio Kompas Salah Satu Perlengkapan Mendaki Gunung

Mendaki gunung atau sering disebut hiking, adalah salah satu jenis olahraga yang dilakukan di tengah alam terbuka yang liar dan cenderung ekstrim. Dari berbagai macam kegiatan alam seperi panjat tebing atau susur gua dll, mendaki gunung adalah kegiatan alam yang paling banyak diminati dan baling banyak jumlah pelakunya. Oleh karena itulah kegiatan ini menjadi wajib ada dalam sebuah organisasi pecinta alam.

Mendaki gunung biasanya dilakukan secara kelompok, dengan jumlah personil yang disarankan adalah delapan sampai dua belas orang. Sedangkan jumlah minimal yang untuk mendaki gunung adalah tiga orang, jumlah minimal ini untuk memenuhi syarat keamanan, karena apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada seorang personil, maka salah satu bisa pergi mencari pertolong dan satu lagi menjaga korban. Namun demikian saya tidak mengatakan bahwa tidak ada orang yang mendaki dengan hanya seorang diri. Namun pendakian seorang diri sangatlah tidak disarankan.

Jenis kegiatan yang tergolong ekstim dan beresiko tinggi ini mengharuskan para pelakuknya untuk mempersiakan berbagai hal. Oleh karena itulah persiapan mental maupun fisik bagi para pelaku pendakian gunung wajib untuk dipersiapkan secara matang. Bukan hanya mental dan fisik yang perlu disiapkan, namun peralatan dan beberapa kebutuhan primer lainya adalah hal yang tak bisa ditinggalkan diantaranya adalah :

1.  Peralatan mandi

Bawalah peralatan pendakian gunung yang sesuai. Misalnya jaket anti air atau ponco, pisahkan pakaian untuk berkemah yang selalu harus kering dengan baju perjalanan, sepatu karet atau boot (jangan bersendal), senter dan baterai secukupnya, tenda, kantung tidur dan matras. Pastikan membawa kantung plastik di dalam backpack. Dalam perjalanan, kantung ini berfungsi untuk menyimpan sampah, pakaian basah, serta memisahkan baju bersih dengan yang kotor. Biasanya beban barang yang dibawa sepertiga dari berat tubuh pendaki, antara 15-20 kilogram.

2. Logistik

Hitunglah lama perjalanan untuk menyesuaikan kebutuhan logistik. Berapa banyak harus membawa beras, bahan bakar, lauk pauk, dan piring serta gelas. Bawa wadah air yang harus selalu terisi sepanjang perjalanan. Siapkan makanan dan air ekstra. Tujuannya untuk mengantisipasi cuaca buruk yang menyebabkan waktu pendakian molor.

3. Bawa obat-obatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Jangan sampai penyakit kambuh dan lupa membawa obat-obatan tersebut karena hanya akan membahayakan diri sendiri.

4. Alat Pendakian

Membawa alat navigasi berupa peta lokasi pendakian, peta, altimeter (Alat pengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut) atau kompas. Untuk itu, seorang pendaki harus paham bagaimana membaca peta dan melakukan orientasi. Jangan sekali-sekali mendaki bila dalam rombongan tidak ada yang berpengalaman mendaki dan berpengetahuan mendalam tentang navigasi.

Alat pendakian bisa anda dapatkan dengan mudah hanya pada sebuah jam tangan. Dimana saat ini banyak sekali jam tangan yang menawarkan produk dengan fitur yang dibutuhkan saat pendakian diantaranya adalah fitur altimeter, kompas dan GPS. Berikuti ini kami informasikan beberapa tipe jam tangan casio yang mempunyai fitur tersebut.

SGW-100

SGW-100 merupakan jam tangan casio original yang memiliki fitur kompas dengan harga paling rendah. Tipe ini menggunakan tali karet dengan tampilan analog. Selain kompas, jam tangan casio ini dilengkapi juga dengan water resistance 200 meter, Thermometer, Worldtime, Stopwatch dan Countdown Timer serta Daily Alarm. Jam tangan ini bisa memenuhi perlengkapan mendaki gunung.

SGW-100-1V_l

G-9300

G-9300 bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi perlengkapan mendaki gunung karena jam tangan ini juga dilengkapi dengan kompas serta thermometer. Selain itu G-9300 sudah menggunakan solar powered dimana sumber energi utama dari sinar matahari.

G-9300-1_l

GW-9400

Bagi pendaki dengan body tangan berotot, GW-9400 bisa menjadi rekomendasi karena jam tangan pria ini memiliki body jam yang besar. Selain itu, GW-9400 merupakan jam casio G-Shock triple sensor untuk perlengkapan mendaki gunung anda dengan solar powered, kompas, altimeter, barometer dan thermometer. Sangat cocok bagi pendaki :)

GW-9400-1_l GW-9400-3_l

PRG-250

Secara fungsional jam tangan pria ini mempunyai beberapa fitur penunjang diantaranya solar powered yang memungkinkan jam tangan tetap menyala karena saat terkena matahari secara otomatis akan mengisi baterai. Terdapat pula digital kompas sebagai petunjuk arah, termometer yang menunjukkan suhu antara -10 derajat celcius sampai 60 derajat celcius, serta fungsi barometer sebagai petunjuk tekanan udara. Selain itu terdapat fitur Altimeter sebagai petunjuk ketinggian dari serendah -700 meter hingga setinggi 10,000 meter.

PRG-250-1_l

Sekian informasi perlengkapan mendaki gunung dan semoga bermanfaat :D

Bagikan :  

Konsultasi dan Pembelian Jam Tangan Silahkan Menghubungi Kami

  • Penulis : Tiara
  • Marketing : Riri, Tiara
  • Phone : 0341-488-511
  • Call/SMS/WhatsApp : 0852-55-88-2010
  • PIN BBM : 755C9CED
  • Alamat : Little Kyoto, Jl. Ikan Gurami C-1 Malang Jatim